Minggu, 20 November 2016

Cerita Taiyaki

Hmmm… agak sedikit terlambat cerita makanan yang berasal dari Jepang ini, Taiyaki.. ada yang tau? Pasti udah banyak yang tau yaa.. Sebenarnya aku udah pernah cerita Taiyaki ini di LovelyRistin. Tapiiii karena yang pernah aku ceritakan kalau aku sekarang juga sambil jualan nugget, hehehe.. jadi untuk update rutin agak sulit, kemauan sih banyaakk, tapi tenaganya huhuhu.. gak bisa semua dikerjakan dalam satu waktu, tapi apapun itu semua ini aku bersyukur banget, Alhamdulillah banget untuk semua.. :)

Taiyaki yang mirip martabak ini atau lebih tepatnya sih lebih mirip dorayaki, dari segi rasa juga kayak dorayaki, persis!.

Harga Taiyaki ketika JFF
Jadi waktu berkunjung ke booth Taiyaki yang baru aja berlalu tanggal 13 November 2016 kemarin, chef yang asli Tegal, bernama Firdaus Priyo Hartomo dari Yataro Group, yang udah fasih berbahasa Jepang ini awalnya doi kerja di salah satu restoran di Jepang dan khusus masak Taiyaki. Dari sinilah Chef Firdaus menganggap bahwa Taiyaki ini perlu juga diperkenalkan di Indonesia, sebagai salah satu makanan sehat karena pengolahannya tidak menggunakan minyak, dan juga tidak menggunakan bahan pengawet. Dari jenis pilihan makanan juga dikatakan alasan mengapa orang Jepang mempunyai tingkat usia yang lebih panjang dibandingkan orang Indonesia, karena dari segi kebiasaan memilih makanan, orang Jepang udah milih makanan yang lebih sehat. 

Booth Taiyaki ketika JFF

Taiyaki termasuk makanan tenar di Jepang, biasanya ada di musim dingin. Pada waktu zaman perang dulu, Taiyaki ini dulu pasta kacang merah disediakan khusus untuk para kaisar pada zamannya. Kalau pasta kacang merah aja kan dapatnya sedikit dan mahal pula pada saat itu, supaya hasilnya banyak, jadi pasta kacang merah untuk isian kue yang dibentuk ikan. Sekarang varian rasanya lebih variatif, yaitu keju dan green tea.

Dan ternyata di Jepang sendiri, diberi hadiah Taiyaki ini semacam simbol penghargaan. Jadi yang menerima senang banget kalau dapat hadiah Taiyaki. Taiyaki berasal dari kata Omedatai, artinya “Selamat berbahagia". Kalau ada yang ulang tahun atau kelulusan dikasih kado Taiyaki udah merupakan penghormatan. Jadi kamu mau dapat kado Taiyaki? Aku mau.. hihihi… siapa juga yang mau ngasih ya :p.




Untuk Taiyaki yang ada di Indonesia ini chef Firdaus udah jadi penanggung jawab utamanya, dari pemiliknya sendiri udah percaya sama dia, karena di Jepang juga chef Firdaus udah jadi master Taiyakinya, begitu sih ringkasan cerita dari Chef Firdaus tempo hari ketika acara Japan Food Festival berlangsung. Jadi, Taiyaki ini bukan cuma  enak, tapi juga  halal, dan juga sehat. Penasaran mau??


Foto adalah milik pribadi, diambil ketika pameran JFF pada tanggal 31 Oktober 2016.Please - DO NOT COPY PASTE!- 

3 komentar:

  1. Mba Lia bikin dong, nanti aku icip icip gitu #ehapaini :D hehehe

    BalasHapus
  2. lucu yah bentuknya, aku belom pernah nyicip

    BalasHapus
  3. Wah keren juga ya, chefnya asal Tegal tapi fasih berbahasa Jepang & mahir membuat makanan Jepang... Bentuk ikan gitu kayak es krim yang isinya kacang merah juga hahahha.. lucu banget serupa tapi tak sama :D

    BalasHapus