Minggu, 11 September 2016

Banana Pudding and Orange Pudding In a Cup

Halo..

Posting perdana dalam blog ini, horeee.. akhirnya aku bisa bikin blog lagi, hihi.. oyaa.. untuk posting pertama ini aku mau cerita suka duka tentang pudding buah - buahan berlapis ini, yang pertama pudding ini pernah aku jual, tapi kendalanya karena harus tersaji dingin jadi emang lebih enak dimakan langsung aja ketika masih dingin, kalau udah gak dingin kurang seger gitu deh rasanya, tapi dari segi rasa masih enak. Ya sudahlah yaa.. namanya juga selera, tapi kalau aku pribadi sih emang lebih suka yang dingin, jadilah gak berani dijual online dulu, dijual offline dulu dan masih kecil - kecilan pula.. aslik ini masih belajar! hahahaha... Eh tapi boleh lhoo ni dicoba untuk event tertentu, misalnya acara ultah anak, atau buat cemilan di rumah. Sebenarnya pudding ini pernah aku tulis disini, terus sok - sok'an bereksperimen  hihihi, aku coba pake jeruk plus keju dan ini swear rasanya uenak! seger banget!... biar segernya berasa banget, jeruknya pake jeruk mandarin, terus aku modif lagi pake strawberry dan coklat. Penasaran? yuk.. yuk.. cobain di rumah.. oya.. untuk foto pudding strawberry coklatnya gak aku upload, keburu habis dan aku belum pernah bikin lagi hehe.. jadi maaf yaa fotonya simple aja dan alakadarnya hehe..

1. Banana Pudding in a Cup :

Untuk persiapan pertama sebaiknya bikin sausnya dulu ya.. supaya bahan lain seperti pisang, wafer tuh ga benyek duluan, dan pisang tidak berubah warna. Setelah saus selesai dibikin, biarkan dingin, nah.. kita siapkan deh cup transparan (aku pake cup untuk pudding).

Bahan :

Pisang ambon atau pisang barangan.
wafer rasa vanila
Almond
Whip Cream

Bahan saus :

200 g susu segar
1/2 sendok teh Vanila Essens
2 kuning telur
40 g gula
20 g maizena
130 ml krim kental ( aku pake whip cream sebagai topping)

Cara membuat :

Cara membuat saus :

Masukkan susu dan vanila essens ke dalam panci, aduk hingga merata. tambahkan maizena yang sudah dicampur sedikit air, aduk lebih cepat agar maizena tidak menggumpal. Masak hingga mendidih. matikan kompor. Masih dalam keadaan panas masukkan kuning telur yang sudah di kocok, aduk hingga rata. nyalakan kompor lagi dengan api kecil hingga adonan mendidih dan permukaan tampak licin. Angkat.

   - Siapkan cup pudding, hancurkan wafer ( tidak usah sampai halus yaa..), dan iris pisang     secukupnya.

- Buat lapisan di dalam cup :
   Lapisan dasarnya adalah wafer yang sudah dihancurkan.
   kemudian lapis diatasnya dengan irisan pisang.
   Setelah itu lapis dengan bahan saus.
   lapisan terakhir adalah whip cream lalu taburkan dengan almond.

- Masukkan kulkas, sajikan dingin.

Kira - kira seperti ini penampakannya :





Simple kan? Untuk bahan saus sesuai resep aku pernah coba, kira - kira bisa dapat 9 cup.

2. Orange Pudding With Cheese 

Untuk resep yang kedua ini pada dasarnya sama aja kayak pembuatan banana pudding, cuma aku bikin modifikasi aja, pake jeruk dan keju, enak banget lho ini! segerrr.. tapi tetep ya lebih enak dimakan dingin. Okeee.. Langsung aja resepnya ya :

Bahan :

- Jeruk Mandarin
- Biskuit rasa jeruk


Bahan saus :


3 kuning telur
1/2 sdt garam
1 sdt maizena
100 ml susu
100 g keju di parut halus.


Cara membuat :

cara membuat saus :

Didihkan susu sambil campurkan dengan maizena yang sudah dicampur dengan air, garam, aduk cepat dan rata. Campurkan keju parut, aduk rata. Matikan kompor, campurkan kuning telur, aduk rata. Didihkan sampai permukaan licin mengkilap. Sisihkan.

Siapkan wadah cup, tahap selanjutnya adalah menata lapisan -lapisannya.
- Lapisan dasar adalah biskuit  rasa jeruk yang sudah dihancurkan kasar.
- Lapisan diatasnya adalah jeruk mandarin, diatasnya adalah bahan saus.
- Bahan saus
- WhipCream

Sajikan dingin.


Bisa juga ini ditambahkan almond sebagai topping
3. Strawberry Chocolate
Resep yang ketiga adalah campuran coklat dan strawberry. Ada yang penasaran? Resepnya mirip seperti diatas, hanya saja bahan sausnya yang berbeda. Untuk resep dengan strawberry ini maaf yaa.. fotonya belum sempat aku bikin, jadi resep bahan sausnya aja :
Bahan sausnya :
100 gr coklat putih (white coklat), lelehkan.
3 kuning telur
2 sdm selai stroberi
whipcream ( kurang lebih 200 ml)
150 gr buah stroberi, bersihkan, iris tipis.

Oya, untuk wafernya aku pakai wafer rasa stroberi, untuk tahap lapisannya sama seperti diatas, hanya saja aku tambahkan chocochip sebagai temannya topping.

Catatan : Semua menggunakan api kecil ketika membuat saus. sajikan dingin akan lebih nikmat. Kira - kira ada yang tau gak modifikasi apa lagi yang cocok untuk bikin pudding ini? nah.. aku sempat kepikiran kopi lhoo.. jadi sausnya ada unsur kopinya, buahnya pake alpukat, tapi apakah enak? hahahaha.. gak tau ya.. belum coba, ini hanya modifikasi aja supaya gak bosen. Selamat mencoba ya :).


Salam,
Ristin



Foto adalah milik pribadi. 
PLEASE, DO NOT COPY PASTE!




   

6 komentar:

  1. Aduh, seger banget tuh sampe fotonya aja bikin ngiler.
    Sukses yaa dengan niche food blogger-nyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... makasih mbakku sayang, mencoba konsisten ini mbak.. pengen dah lama punya blog khusus masak2, makan2, n jalan2... duh deg2an jg hahahaha.. lebay yak hihihihih....

      Hapus
  2. Wah mba Lia ini kelihatannya enak banget, anak2 pasti suka...mudah - mudahan ketika tidak malas bisa nyobain resep ini. Makasih loh mba resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. semoga berhasil yaa.. anak2ku doyan bgt pudding ini, seger, soalnya ada buahnya hehe.. makasih dah mampir :)

      Hapus
  3. aduh malam2 aku jd lapar, nikmat bgt keliatannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak udah mampir ^ ^ iya ini seger lho mom.. monggo dicoba hehe...

      Hapus